34 TAHUN MENCITA UNIVERSITAS PERSIS


425809_421390734586086_1682597050_n
Bismillahierrahmanierrahim
Bandung, UNIVERSITAS PERSIS. Tiga Puluh Empat Tahun, Persis mencita-cita punya universitas. Sejak itu pulalah Persis telah kehilangan tokoh-tokohnya; KHE. Abdurrahman (w. 1983), KHA. Latief Muchtar (w. 1997), KH. Siddieq Amien (w. 2009), namun cita-cita itu belum juga terwujud.
Waktu Muakhat di Pajagalan tahun 1979, KHE. Abdurrahman pernah menyatakan bahwa kitalah yang meletakkan batu pertama pembangunan kampus Unisba, kita tentu mampu mendirikan universitas sendiri jika suatu saat waktunya telah mendesak.
Anak-anak Persis sejak 1970an telah menyebar untuk kuliah di mana-mana, mereka umumnya tidak kembali ke pangkuan ibu pertiwi, mereka telah menemukan kehidupannya yang baru. Sulit untuk kembali, karena rumah bersama yang dicita-citakan orang tua belum juga terbangun. Ada warisan peninggalan mereka sebidang tanah seluas 10.000 M, tidak luas memang, tetapi cukup untuk mendirikan sebuah kampus sederhana untuk universitas Persis. Letaknya di Ciganitri No. 2 Buah Batu Bandung.
Dewasa ini alumni-alumni pesantren Persis, yang tercatat di 54 Muallimien/ Aliyah, 3 SMA Persis, 2 SMK Persis, dan keluarga besar Persis lainnya, akan meneruskan kuliah di berbagai universitas di Indonesia, karena tidak tersedia universitas Persis. Dengan demikian, berdirinya universitas Persis menjadi kebutuhan bersama keluarga besar Persatuan Islam, hari ini maupun di masa mendatang.
Cilak bakal universitas Persis saat ini adalah STAIPI dan STKIP. STKIP dengan jurusan yang ada; Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, dan jurusan-jurusan baru yang sedang mendapat legalisasi. Dalam universitas Persis, STKIP ini akan menjadi Fakultas Pendidikan.
STAIPI dengan jurusan yang ada sekarang; Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan jurusan Tafsir & Hadits, serta dan jurusan-jurusan baru yang sedang mendapat legalisasi. Dalam universitas Persis, STAIPI ini akan menjadi Fakultas Agama Islam.
Adapun fakultas yang baru dalam universitas Persis, yaitu: 1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, jurusan: Keperawatan dan Kesehatan Lingkungan. 2) Fakultas Ekonomi dan Manajemen, jurusan: Ekonomi Islam dan Manajemen dan Perbankan Syariah. 3) Sains dan Teknologi, jurusan: Teknologi Informatika dan Abrobisnis.
Untuk mewujudkan universitas, saat ini PP. Persis sedang mengumpulkan dana sekurang-kurangnya sebesar Rp 25 milyar bagi pembangunan kampus tersebut, yang sangat membutuhkan bantuan semua pihak, baik berupa WAKAF TUNAI, INFAQ, SHADAQAH, DAN ZAKAT, agar cita-cita universitas Persis dapat segera terwujud kampusnya.
Bantuan dapat disampaikan melalui:
1.Rekening No. 701 862 6238, Bank Mandiri Syariah, a.n. PP. Persis.
2.Panitia Pembangunan kampus universitas Persis, Jl. Perintis Kemerekaaan No. 2-4 Bandung. Telp./Fax. 022-4220704/022-4220702
3.Pimpinan Cabang Persis terdekat, untuk disampaikan ke Panitia Pembangunan kampus universitas Persis di PP. Persis.
الله يأ خذ بأيدينا إلى ما فيه خير للإسلام والمسلمين
Bandung, 19 Sya’ban 1434 H./28 Juni 2013 M.

Menyetujui:

Ketua Bidgar Dikti PP. Persis
ttd
Dr. Badri Khaeruman,M.Ag
NIAT: 01.01.33444.136
Ketua Bidang Tarbiyah PP. Persis
ttd
KH. A. Z a k a r i a
NIAT: 01.08.08021.267
Iklan

Tentang Admin

Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Jawa Barat
Pos ini dipublikasikan di Akhbar dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s