Buku Ilmu Ushul Fiqih


Sudah saatnya meningkatkan derajat dari taqlid menjadi ittiba’ dan ijtihad dalam memahami hukum Islam, dengan cara mulai belajar Ushul Fiqih.

Insya Allah,

akan segera terbit buku ushul fiqih dasar untuk kalangan pemula, santri MTs, ‘Aliyah, Mu’allimin, mahasiswa dan umum yang ingin mengenal dan mengakrabi ushul fiqih dari dasar.

Sebagian isi buku ini merupakan terjemahan dan ringkasan dari kitab ushul fiqih dasar yang dipakai di berbagai pesantren, yaitu: mabadi awwaliyyah dan al-sulam yang keduanya ditulis oleh Abdul Hamid Hakim. Sisanya dikutip dari berbagai kitab dan buku ushul fiqih lainnya yang mu’tabar.

Identitas Buku

Judul : Ilmu Ushul Fiqih (Dasar-dasar Memahami Hukum Islam)
Penulis :
1. Dr. H. Dedeng Rosidin, M.Ag (Bidgar Pendidikan Dasar dan Menengah PP. Persis dan Dosen Ushul Fiqih, Tafsir Tarbawi, Hadits Tarbawi, Fiqih, Hadharah Islamiyyah wa Tarbawiyyah dan Muhadatsah di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung)

2. Rizki Abdurahman (Staf pengajar Ushul Fiqih di Pesantren Persatuan Islam 1 Pajagalan – Bandung)

Penerbit : Ar-Rafi

Deskripsi singkat isi buku:

Pada buku ini pembaca akan diperkenalkan materi ushul fiqih dasar sebagai berikut:

1. Pendahuluan ilmu ushul fiqih, membahas tentang: pengertian, objek bahasan, manfaat, tujuan, sumber pengambilan, peletak dasar, tahap perkembangan ushul fiqih, hubungan dan perbedaannya dengan fiqih, serta hukum mempelajarinya.

2. Hukum-hukum syar’i, memperkenalkan tentang: pengertian dan pembagian hukum, hakim, mahkum bih, mahkum ‘alaih, rukhsah dan ‘azimah.

3. Kaidah-kaidah ushuliyyah lughawiyyah (kaidah ushul yang berkaitan dengan kebahasaan), membahas tentang: al-Amru, al-Nahyu, al-‘Amm, Khas dan Takhsis, Mujmal dan Mubayan, Zhahir dan Muawwal, Muthlaq dan Muqayyad, Manthuq dan Mafhum, dan Musytarak.

4. Nasakh, Ta’adul dan Tarjih.

5. Sumber hukum Islam, membahas tentang: al-Quran, al-Sunnah, Ijtihad, Ijma’, Qiyas, Istidlal dan macam-macamnya yang terdiri dari: al-Mashlahah al-Mursalah, istihsan, qaul shahaby, saddu dzara’i, syar’u man qablana, ‘urf dan ilham.

6. Kaidah-kaidah fiqhiyyah dasar tentang: niat, syak, kesulitan, madharat, mafsadat, adat, ijtihad, itsar, kebijakan imam, penyempurna wajib, keluar dari khilafiyyah, rukhsah dan amal, kemampuan, kasab dari yang haram, kebaikan yang kontinyu ridha, illat hukum dan ibahah.

Ukuran: 17,5X24,5, dengan jumlah 192, ukuran B5

Harga: Rp. 27.000

Untuk pemesanan dan info lebih lanjut bisa menghubungi no kontak : 085220920536/ 085222343221

Iklan

Tentang Admin

Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Jawa Barat
Pos ini dipublikasikan di Akhbar dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Buku Ilmu Ushul Fiqih

  1. assalamu’alaikum,, punten ada no WA nya
    saya ingin pesan buku ilmu ushul fiqih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s