Obama Suruh Clinton ke Indonesia Pastikan Jagoannya Menang?


JAKARTA – Kedatangan Bill Clinton ke Indonesia pada tanggal 16-23 Juli, yang disebut-sebut membawa isu kemanusiaan ke Indonesia saat kondisi politik bergejolak pada puncaknya mengundang perhatian. Presiden Amerika ke 42 ini dicurigai menjadi orang suruhan Presiden Obama untuk mengamati pilpres 2014.

Hal itu disampaikan pengamat politik senior yang juga Gurubesar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Prof. Budiatna saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (15/7).

Menurutnya, bukan kali ini saja Amerika mengamati dari jauh soal perkembangan politik di Indonesia, sebab biar bagaimanapun mereka ingin ada presiden yang bisa kerja sama dengan negaranya.

“Bisa saja kehadirannya dalam rangka menyongsong presiden yang baru, karena pengumumannya tanggal 22  Juni. Dan diantara dua ini (Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK) perseteruannya hebat,” kata Budiatna.

Lebih jauh Budiatna melihat kehadiran mantan orang nomor satu di negara Paman Sam tersebut pastinya untuk kepentingan yang mendasar. “Dan kebetulan Jokowi di luar negeri baik namanya, dan banyak yang memuji, mungkin diutus oleh Obama bisa aja. Dan namanya Prabowo kurang bagus apalagi soal HAM, ada pengaruhnya, itu bisa saja,” ujarnya.

Budiatna memaparkan, di mata Amerika, Indonesia merupakan negara besar dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat istimewa, sehingga pergantian presiden akan mempengaruhi roda perekonomian mereka.

“Indonesia itu jumlah penduduknya ada 250 juta dengan negara terbesar ke 4 soal penduduk, maka mau tidak mau Amerika berharap ada presiden yang bisa kerja sama, paling tidak hubunganya tidak jelek,” terang dia.

Budiatna juga berpandangan selain menjadi suruhan Obama, sepertinya Amerika khawatir orang yang dijagokannya tidak menang.

“Hasil perhitungan cepat yang saling mengklaim benar, ini berpengaruh terhadap mereka. Bisa saja mereka ingin memastikan siapa yang akan jadi pemenang dan bisa diajak kerja sama,” pungkasnya. (rmo/jpnn)

Tentang Admin

Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Jawa Barat
Pos ini dipublikasikan di Manca Negara, Politik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s