Persis: Pilkada Langsung Kurang Maslahat


Aktivis yang tergabung dalam Koalisi Kawal RUU Pilkada melakukan aksi tolak RUU Pilkada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (14/9).  (Republika/ Tahta Aidilla)

Aktivis yang tergabung dalam Koalisi Kawal RUU Pilkada melakukan aksi tolak RUU Pilkada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (14/9). (Republika/ Tahta Aidilla)

JAKARTA — Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Prof Dr H Maman Abdurrahman mengatakan, pilkada langsung kurang maslahat dan lebih banyak mudharat-nya.

“Pilkada langsung tidak efisien, kurang maslahat dan lebih banyak mudharat-nya,” tuturnya di Jakarta, Rabu(17/9).

Menurutnya, pada Mukmatar 2010, Persis telah memutuskan agar mengembalikan pilkada ke DPRD. Hal itu sejalan dengan keputusan ormas Islam lainnya.

Landasan pemikiran keputusan itu, ujar dia, berdasar pada Alquran dan hadist. Namun, tambahnya, karena Persis tidak berada di ranah politik, suaranya tidak didengar oleh politisi.

Ia menilai, harus dilihat mana yang lebih menguntungkan, pilkada langsung atau oleh DPRD. Untuk melihat masalah itu, ia mempraktikkan konsep saddud szari’ah, yang berarti ‘menutup jalan’.

Dalam konteks pemilu, konsep ini diterapkan untuk menutup jalan mekanisme pilkada langsung karena dinilai lebih banyak mudharatnya.

Maman menjelaskan, dalam memahami masalah politik nasional, perlu melihat latar belakang dan kondisi masyarakat. Saat ini, masyarakat Indonesia belum matang.

Mayoritas yang ikut dalam pemilu juga dianggap belum matang. Bahkan, pemahaman politiknya juga lemah. Apalagi dalam pilkada langsung intervensi dari pihak yang tidak relevan kerap terjadi. Misalnya lewat money politicREPUBLIKA.CO.ID

Tentang Admin

Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Jawa Barat
Pos ini dipublikasikan di Persis dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s