Negara Asia Pasifik Pro Palestina Gelar Pertemuan Rancang Aksi Damai 30 Maret di Yordania


Senin, 19 Maret 2012 , 09:45:00 WIB

Laporan: Hendry Ginting

RMOL. Asia Pacific Community for Palestine (ASPAC for Palestine) menggelar forum Asia Pacific Forum for the GMJ (Global March to Jerusalem), pada 18 Maret, di Kirana Ballroom, Hotel Kartika Chandra.

Agenda besarnya, melakukan aksi damai internasional peduli Palestina, pada 30 Maret mendatang di Amman, Yordania.

Menurut Ahmad Zainuddin  Lc dari Kaukus Parlemen Indonesia untuk Palestina, acara ini digagas oleh berbagai aktivis internasional yang peduli kepada Palestina. Indonesia dan negara lain berpartisipasi didasari terancamnya situs sakral keagamaan dan sejarah Al Quds (kota Jerusalem yang menjadi kunci terciptanya perdamaian maupun peperangan), serta menyuarakan pelanggaran Israel atas pendudukan Al Quds sebagai bentuk kejahatan kemanusiaan.

”Ini bertentangan dengan rasa kemanusiaan dan keadilan, sehingga kami harus berbuat sesuatu, melakukan upaya konkrit untuk menyelamatkan kota Jerusalem dari segala bentuk diskriminasi dan kesewenangan-wenangan,” kata Ahmad yang juga anggota DPR dari komisi X kepada wartawan kemarin, Minggu (18/3).

Aspac Forum for Palestina merupakan gabungan NGO yang peduli terhadap Palestina yang dikukuhkan dalam Asia Pacific Community Conference for Palestina yang pada bulan Juni 2011 diunisiasi oleh Kaukus Parlemen Indonesia untuk Palestina,  Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), Spirit of Aqsa (SoA), Persatuan Islam (Persis), Persatuan Umat Islam (PUI), Mathla’ul Anwar, Wafaa International, Adara Relief International, Multiply for Palestine (MP4 Palestine), dan ICMI yang secara aktif berkampanye untuk solidaritas bangsa di kawasan Asia Pasifik.

“Acara ini sifatnya spiritual untuk menyelamatkan kota suci dari tiga agama dari penindasan zionis Israel dan merupakan peristiwa kemanusiaan. Ketika terjadi kematian, ini bukan secara statistic belaka melainkan penghinaan secara perasaan yang harus muncul secara politis di dunia internasional,” kata Marwah Daud.

Mereka terlibat secara aktif dalam kampanye Global March to Jerusalem (GMJ) dan secara aktif mengajak elemen masyarakat mendukungnya. Sekitar 57 orang akan berangkat ke Amman, Yordania dari 30 organisasi masyarakat Islam di Indonesia.

Pada acara Aspac Forum di Indonesia ini hadir  Ketua Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina, Saoud Abou Mahfoudz asal Palestina yang berbicara  mengenai kondisi Jerusalem terkini.

Selain Saoud, juga hadir Bachtiar Nasir, Ketua Spirit of Aqsa (SOA) yang  berbicara atas nama Indonesia, Tuan Haji Azmi Thalib, perwakilan GMJ Malaysia, perwakilan Fillipina, perwakilan Srilangka, perwakilan Maladewa, perwakilan Thailand Mr. Muhamed Sally Muhamed Faris, maupun anggota Majelis Syura Jamaat Al-Islami Sri Lanka.

Selain kampanye internasional, pada 30 Maret juga dilakukan aksi GMJ bersama di enam kota besar Indonesia seperti, Jakarta, Medan, Makassar, Bandung, Pontianak, Surabaya. Bachtiar Nasir Lc, dewan pendiri ASPAC Forum, ketua Spirit of Aqsa dan juga ketua Miumi (Majelis Intelektual Ulama Muda Indonesia) mengatakan, GMJ Indonesia merupakan perjuangan sipil anti penjajahan di Palestina.

“Kami harus bersatu dan menyatukan elemen masyarakat di Indonesia yang peduli pembebasan Palestina,” katanya.

Sejak Konferensi Asia Afrika pada 1955 hingga kini, negara Palestina yang belum merdeka. [dry]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s