1.745 Jamaah Calon Haji Garut Siap Berangkat


Oleh: Zainulmukhtar
Syiar – Kamis, 13 September 2012 | 21:57 WIB

INILAH.COM, Garut – Hingga sehari menjelang batas akhir pelunasan pembayaran ongkos haji 2012, Kamis (13/9/2012), sebanyak 1.745 jamaah calon haji asal Kabupaten Garut siap diberangkatkan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah al Mukarrohmah pada musim haji 2012 ini.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut Firdaus, sebenarnya kuota haji untuk Kabupaten Garut pada 2012 ini sebanyak 1.862 orang. Namun mendekati batas pelunasan, calon haji yang melunasi ongkos haji dan siap berangkat sebanyak 1.854 orang.

Dari jumlah calon haji sebanyak 1.854 orang itu, terang Firdaus, sebanyak 116 orang di antaranya dipastikan tidak berangkat dari Kabupaten Garut melainkan dari Bandung. Kemudian terdapat sebanyak 7 calon haji dari luar Garut masuk dan siap diberangkatkan dari Kabupaten Garut. Sehingga jumlah calon haji yang sudah melunasi ongkos haji, dan siap diberangkatkan dari Kabupaten Garut sebanyak 1.745 orang.

Sebanyak 116 orang calon haji yang keluar berangkat dari Bandung itu berasal dari KBIH Persis (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Persatuan Islam).

“Mereka tercatat sebagai jamaah Kabupaten Garut, tapi keberangkatannya dari Bandung. Anggota jamaah Persis kan sudah biasa keberangkatan hajinya bersama-sama satu kelompok dari Pengurus Persis Pusat di Bandung. Jadi, tidak hanya dari Garut, tapi juga dari daerah lain,” jelas Firdaus, Kamis (13/9/2012).

Kepala Seksi Urusan Haji Irwan Nurjaman didampingi staf Asep Rustandi menambahkan jumlah pasti calon haji akan berangkat dari Kabupaten Garut bisa saja bertambah karena masih ada kemungkinan tambahan calon haji dari luar daerah.

Irwan menyebutkan calon haji termuda asal Kabupaten Garut pada musim haji 2012 ini berusia sekitar 19 tahun. Sedangkan calon haji tertua berumur sekitar 93 tahun.

Para calon haji asal Kabupaten Garut terbagi atas empat kloter haji, yakni Kloter 4, Kloter 12, Kloter 44, dan Kloter 47. Dijadwalkan, calon haji tergabung dalam Kloter 4 diberangkatkan pada 21 September, Kloter 12 pada 25 September, Kloter 44 pada 5 Oktober, dan Kloter 47 pada 6 Oktober. “Untuk Kloter 44, digabungkan dengan Depok,” kata Irwan.

Dia menyebutkan, biaya ongkos ibadah haji pada 2012 ini sebesar 3.638 dolar Amerika Serikat.[jul]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s